Sahabat? Who Is It?



Siapa yang sering kau sebut dengan sahabat? dia yang selalu berada disamping mu setiap waktu? dia yang selalu membenarkan pekataan mu? atau kah dia yang selalu membantu mu?

Saya rasa bukan.
Dia yang berada disamping mu setiap waktu bisa saja dia hanya menginginkan sesuatu yang ada pada diri mu.
Dia yang selalu membenarkan perkataan mu, menurut saya itu bukan sahabat, karena seorang sahabat yang baik harus bisa dengan tegas memberikan saran jika sikap dan perilaku mu salah. Dia tidak ingin kamu melakukan kesalahan berulang kali.
Dia yang selalu membantu mu juga bukan berarti dia bisa disebut sahabat.

Jadi siapa sahabat itu?
Bagi saya sahabat dalah seseorang yang lebih dari teman, bahkan lebih dari saudara-saudara yang saya miliki karena hubungan darah dari kakek-nenek dan orangtua. Sahabat tidak bisa diukur seberapa lama kita mengenalnya, seberapa sering dia berada bersama kita, dan seberapa sering dia membantu kita. Namun, tidak bisa juga sabahat ditemukan sehari dua hari. tetap membutuhkan proses untuk menilai seseorang baik atau buruk, tulus atau tidak berteman dengan kita.

Sahabat adalah seseorang yang dapat membuat kita menjadi diri sendiri, bersikap seperti apa adanya, tidak menutup-nutupi sikap asli kita, tidak menutup-nutupi bagaimana keadaan perekonomian keluarga kita, tidak berbohong dan menutupi rahasia pribadi, menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya, mengisi satu sama lain. Kepercayaan orang satu dengan yang lainnya saling dijaga, tidak mencela dibelakang, dan selalu mengritik dengan cara yang baik dengan tujuan memperbaiki sifat buruk sahabat kita. Itu merupakan kunci dari sebuah persahabatan yang akan abadi.

Komentar

Postingan Populer